Senin, 11 Juli 2011

cara asik editt photo lewat photo scape

embuat foto menjadi terlihat antik bisa dilakukan dengan mudah menggunakan software PhotoScape. PhotoScape merupakan perangkat lunak gratis alias freeware sehingga bisa diunduh dan dipakai secara bebas. Walaupun gratis, software ini sangat menarik dan tentunya sangat mudah digunakan untuk mengedit foto-foto koleksi kita tanpa harus menguasai teknik-teknik disain grafis yang sangat rumit. PhotoScape mempunyai banyak fitur pengolah gambar seperti image editor, GIF creator, screen capturer, image viewer, splitter, dan sebagainya. Namun kali ini kita akan mencoba menggunakan image editor untuk mengolah gambar foto pribadi supaya terlihat seperti foto yang sudah lama atau antik.
Program yang akan kita pakai selain PhotoScape adalah Adobe Photoshop.

Memilih foto yang pas

Pertama-tama kita akan menggunakan sebuah foto untuk dijadikan kelinci objek percobaan. Sebagai contoh, saya memakai foto orang stres yang lagi ngligo yang dijepret dengan kamera seadanya ↓ :D
Fandy Ariawan

Adobe Photoshop Filter Gallery

Kita akan memanfaatkan efek Halftone Pattern pada filter gallery Adobe Photoshop. Caranya klik Filter pada toolbar, kemudian pilih Filter Gallery. Setelah terbuka sebuah window baru filter gallery, kemudian pilih Sketch → Halftone Pattern. Pada bagian pengaturan di sebelah kanan piih Pattern Type Dot dan sesuaikan ukuran pola dan kontras sesuai foto yang digunakan. Simpan gambar yang telah kita edit.
Fandy Ariawan

Frame PhotoScape

Sekarang kita akan memakai PhotoScape. Buka foto yang telah diedit menggunakan Photoshop tadi dengan PhotoScape. Setelah foto terbuka kemudian, pada tab Home di bagian bawah, masukkan bingkai (frame) baru pada gambar, kita akan memakai frame Cali 05.
Fandy Ariawan

Antique Photo Filter

Setelah frame terpasang selanjutnya adalah memasukkan efek Antique Photo melalui menu Filter (di bagian paling bawah). Pilih Filter → Antique Photo, kita akan memakai filter Antique Photo nomor 4. Hasilnya gambar foto akan terlihat unik dan antik dengan efek Antique Photo.
Fandy Ariawan
Puas? :D Seperti yang saya bilang sebelumnya, postingan ini cuma iseng dan bukan tutorial disain grafis tingkat tinggi, disamping saya juga sangat payah dalam hal disain grafis :D Jadi nggak usah protes ya, ok?
Silakan menikmati mencoba :D

0 komentar:

Posting Komentar